Cara melihat Pengumuman CPNS 2018
Melihat Pengumuman CPNS 2018

By SMAN2 02 Okt 2018, 20:22:42 WIB CPNS
Cara melihat Pengumuman CPNS 2018

Pengumuman CPNS 2018 yang paling ditunggu oleh Pelamar CPNS 2018, khususnya bagi peserta yang telah mengumpulkan persyaratan dan menjalani tes seleksi.

Seleksi CPNS memang menarik perhatian masyarakat indonesia baik dari sabang hingga merauke. Kalau dulu belum ada yang namanya sistem komputer makan para peserta yang ingin melihat hasil pengumuman harus datang berbondong – bondong ke instansi yang terkait. Namun kini sudah dimudahkan dengan sistem CAT CPNS atau Computer Assisted Test.

Berikut Cara melihat Pengumuman CPNS 2018

Sejak digunakannya sistem CAT untuk seleksi CPNS peserta semakin dimudahkan dalam berbagai hal. yitu pendaftaran yang lebih praktis dan juga semakin transparannya sistem penilaian yang diterima oleh peserta seleksi.

Sebenarnya dalam sistem CAT seperti ini peserta bisa langsung tahu hasil dari soal – soal yang dikerjakan beberapa detik setelah tes selesai, yang artinya peserta CPNS bisa langsung melihat hasil nilai tanpa menunggu pengumuman resmi oleh pemerintah dikeluarkan. Namun untuk pengumuman resmi tentang siapa saja yang lolos dalam seleksi masih harus menunggu beberapa prosedur lagi. Tentu saja hasil yang didapatkan masih harus menjalani beberapa rekapitulasi yang panjang lagi. Dan yang pasti penetapan kelulusan peserta akan diumumkan secara resmi oleh panitia penyelenggara melalui website yang telah ditetapkan.

Karena sudah menggunakan sistem yang paling mudah jadi anda tidak perlu khawatir harus datang jauh – jauh ke kantor pemerintah atau lembaga dan yang lainnya. Cukup dengan duduk sambil berdoa dirumah, saat pengumuman diumumkan anda bisa langsung mengakses melalui ponsel anda.

Wajib diketahui sebelum cek pengumuman

Jika hasil seleksi CPNS 2018 keluar pastinya semua yang ikut seleksi secara otomatis akan langsung membuka portal yang ditetapkan oleh BKN. Namun untuk melihat hasil pengumuman ternyata ada 3 hal penting yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Ingat, penasaran dengan hasilnya boleh saja tapi anda juga harus memiliki persiapan supaya lancar dalam melihat hasil seleksi CPNS. Adapun beberapa hal yang penting dan perlu anda lakukan sebelum cek pengumuman adalah :

1. Passing Grade

Biasanya passing grade dibuat untuk menentukan standarisasi kelulusan. Bagi anda yang sudah mengikuti tes seleksi maka jika ingin lolos hasil yang anda dapatkan haruslah sama dengan standar nilai yang ditentukan atau bahkan lebih tinggi dari skor minimal yang ditetapkan. Ini berarti bagi anda yang saat seleksi kemarin ternyata skor tidak mencapai nilai yang diharapkan secara otomatis anda sudah tereliminasi jadi tidak perlu lagi melihat hasil pengumuman seleksi CPNS 2018,

Sedangkan bagi anda yang lulus passing grade dan masih memiliki nilai minimal maka kemungkinan besar juga harus kalah dalam perengkingan nantinya karena hanya jumlah tertentu saja yang akan dinyatakan lolos seleksi CPNS 2018.

2. Koneksi Cepat

Karena terlalu penasaran dengan hasil seleksi CPNS 2018 terkadang orang akan menjadi tidak fokus. Bahkan ada beberapa kasus terjadi, tidak bisa melihat hasil pengumuman. Dikira website eror atau sedang terjadi kesalahan namun ternyata setelah dicek kendalanya adalah masalah koneksi. Jadi selain diperlukan mental yang kuat untuk bisa menerima hasil pengumuman, koneksi internet yang cepat juga menjadi pendukung utama.

Apalagi saat hari pengumuman pasti banyak pihak yang akan membuka aksesnya jadi kemungkinan besar website bisa eror. Untuk itulah sebelum melihat hasil pengumuman CPNS anda harus memastikan bahwa koneksi internet lancar dan aman terkendali. Jika koneksi internet lebih cepat tentu saja proses dalam melihat pengumuman juga akan lebih cepat dan jauh dari kata ribet. Pastikan juga hp anda memiliki kuota untuk browsing ya.

3. Link Alternatif Tepat

Pada bagian yang sangat penting. Karena ada banyak sekali situs – situs yang biasanya membuat artikel – artikel tentang CPNS. Jadi anda harus teliti dan cermat dalam mencari informasi. Saking banyaknya laman yang membahas tentang CPNS terkadang ada juga beberapa link yang ternyata eror atau salah link.Karena inilah anda membutuhkan yang namanya link alternatif yang tepat.

Sehingga anda memiliki cadangan link jika ternyata link yang digunakan eror atau gangguan. Bila terjadi masalah, pemerintah juga sudah menyediakan yang namanya helpdesk. Anda bisa mengajukan keluhan atau menanyakan solusi untuk masalah anda sat cek pengumuman.

Dengan tes seleksi yang menggunakan sistem CAT maka kini anda akan semakin dimudahkan dalam melihat akses seputar penerimaan CPNS. Bagi anda yang sudah mengikuti seleksi dan ingin melihat hasil apakah anda lolos atau tidak, bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini :

  1. Silahkan buka laman resmi sscn.bkn.go.id
  2. Login menggunakan akun SSCN
  3. Cari dan pilih menu Pengumuman
  4. Silahkan download file pengumuman CPNS yang anda ikuti
  5. Lihat hasilnya apakah anda lolos atau tidak
  6. Jika anda dinyatakan lolos maka akan ada prosedur selanjutnya

Nah selain melihat dari langkah di atas, anda juga bisa melihat hasil pengumuman seleksi CPNS 2018 dengan langkah dibawah ini :

  1. Buka situs atau alamat website kementrian/lembaga yang anda pilih
  2. Baca hasil seleksi yang tertera dalam website
  3. Amati dengan baik apakah anda lolos atau tidak

Perlu diingat apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka info yang benar hanya dari situs resmi BKN/SSCN BKN/Kementrian/Lembaga saja. Jadi perlu anda hindari berita – berita hoax di luar sana. Sebaiknya anda rajin – rajin cek berita terbaru dari BKN supaya tidak ada info yang terlewatkan.

Kendala yang sering terjadi saat pengumuman

Pengumuman dilakukan secara serentak berarti ada kemungkinan besar bahwa website akan diakses secara bersamaan oleh ratusan orang. Inilah salah satu penyebab masalah yang sering terjadi saat pengumuman CPNS dikeluarkan. Lalu, masalah apa saja kira – kira yang sering terjadi pasa saat pengumuman seleksi CPNS 2018? Inilah beberapa kemungkinannya :

  1. Sudah disampaikan diatas tadi bahwa biasanya apda saat pengumuman seleksi dikeluarkan maka akan banyak orang yang membuka website. Jadi kemungkinan besar website akan mengalami kendala untuk diakses. Dan masalah ini sering sekali terjadi saat pengumuman CPNS. Apabila hal ini terjadi pada diri anda, anda tidak perlu khawatir. Tunggu saja selama beberapa menit atau mungkin beri selang waktu dari jam pengumuman dikeluarkan dan waktu pada saat anda ingin melihat pengumuman. Dengan begini maka akses akan lebih mudah dibuka.
  2. Untuk melihat pengumuman maka anda harus login dulu menggunakan akun SSCN. Kendala yang sering terjadi adalah banyak orang yang lupa apa password akun sendiri. Nah untuk mencegah hal ini anda bisa menggunakan password yang mudah diingat, dicatat di kertas juga bisa. Namun jika sudah terlanjur benar – benar lupa, anda bisa menggunakan tombol ‘Lupa Password’ Dari sini nanti server akan membantu memberi password melalui email atau yang lainnya.

Demikianlah Cara melihat Pengumuman CPNS 2018, semoga bermanfaat bagi kita semua

salam




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment