Cara terbaik mengikuti PLPG
Tips mengikuti PLPG

By Masri 28 Sep 2017, 05:12:41 WIB PLPG
Cara terbaik mengikuti PLPG

Keterangan Gambar : Tips mengikuti PLPG


 Pendidikan Pelatihan Profesi Guru atau yang lebih dikenal dengan nama PLPG, merupakan sebuah pelatihan bergengsi yang selalu dinanti oleh jutaan guru. Wajar saja hal tersebut demikian, sebab dengan diikutsertakannya sebagai peserta PLPG memberikan peluang bagi guru tersebut untuk memperoleh Tunjangan Profesi Guru (TPG) yang besarnya satu kali gaji pokok.

 

Tahun ini pemerintah kembali akan melaksanakan PLPG bagi seluruh guru. Meskipun sempat beredar info bahwa biaya PLPG sepenuhnya harus dibiayai dari kantong guru sendiri.

 

Untuk menjadi peserta PLPG tahun 2016 ini tidaklah mudah. Guru-guru yang telah lulus UKG 2015 dengan nilai terbaik menjadi salah satu faktor penentu guru tersebut bisa mengikuti PLPG

 

PLPG yang akan diikuti oleh guru yang akan mencari sertifikat pendidik tersebut akan digembleng kembali dengan segala kompetensi sebagai seorang pendidik yang profesional. 

 

Dibutuhkan kesiapan fisik dan psikis guru agar bisa mengikuti Diklat PLPG dengan lancar tanpa adanya halangan yang berarti. 

 

Untuk itu saya ingin berbagai pengalaman bagaimana dalam mengikuti Diklat PLPG supaya berjalan dengan lancar. 

 

Informasi tentang pengalaman ini, kami himpun dari pengalaman - pengalaman guru yang telah mengikuti Diklat PLPG di Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Apa saja pengalamannya tersebut?

 

1. Konsentrasikan pikiran tetap tenang 

PLPG bagi beberapa guru mungkin akan dirasakan menjadi momentum yang sangat mencengangkan. 

 

Mengapa demikian? Hal tersebut diakibatkan karena guru yang bersangkutan terpikirkan kelulusannya, sehingga kalau tidak lulus maka gagal akan memperoleh tunjangan, dan juga beban mental akan malu dihadapan atasan atau teman sejawat. 

 

Bila ini ada dalam pikiran Anda sebagai peserta PLPG, maka saran saya jauhkan pikiran tersebut. 

 

Hadapilah apa yang ada di depan Anda. Bila anda sedang berada di tempat PLPG maka ikutilah PLPG dengan baik. 

 

Jangan sampai karena anda terus memikirkan ketakutan akan kelulusan PLPG yang cukup berat, malah membuat pikiran anda menjadi tidak tenang.

Bila pikiran sudah pikiran tidak tenang, maka aktivitas anda dalam belajar selama PLPG akan terganggu, dan ujung-ujungnya malah membuat prestasi belajar anda menjadi buruk.

2. Sering berdiskusi di kelas atau diluar kelas pada waktu kegiatan PLPG
Pengalaman rekan saya selama mengikuti PLPG, selalu menyempatkan diri untuk berdiskusi selama proses PLPG. Diskusi di dalam kelas ketika proses belajar berlangsung akan memberikan nilai tambah bagi penilaian anda selama PLPG.

Diskusi di luar kelas dengan teman sejawat, akan memberikan kemudahan bagi kesulitan yang anda alami selama proses PLPG. Jangan malu atau takut untuk bertanya. Lebih sering sharing dengan teman sejawat selama proses PLPG sangat baik dalam menunjang kelancaran anda mengikuti PLPG.

3. Jaga kesehatan 
Untuk kelancaran diklat PLPG yang akan anda ikuti, maka penting untuk memperhatikan kesehatan anda. Untuk itu sangat disarankan untuk senantiasa mengkonsumsi makanan yang sehat serta istirahat yang cukup.

4. Pelajari kisi-kisi ujian PLPG
Nah, bagian ini adalah bagian yang sangat penting. Agar hasil ujian PLPG anda bisa berhasil dengan baik, maka jangan lupa untuk mempelajari kisi-kisi materi ujian PLPG. Kisi-kisi materi ujian PLPG bisa anda peroleh melalui situs sergur milik kemdikbud. Dalam kisi-kisi tersebut anda akan memperoleh gambaran ujian yang akan ikuti nanti.

Nah, demikian informasi tentang cara terbaik dalam mengikuti PLPG. Yang terpenting dari semua kegiatan yang anda lakukan adalah mengikuti kegiatan diklat dengan baik serta menjaga kesehatan. PLPG merupakan ajang diklat yang bergengsi bagi guru, sebab dengan lulusnya peserta mengikuti diklat tersebut, maka akan memperoleh sertifikat pendidik.

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat. wasalam.

Thanks




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


Online Support (Chat)

Masri


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Tidak Ada Poling saat ini?
  Buat Poling
  Ok Deh

Komentar Terakhir

  • Lukmanul Hakim

    saya yakin PHP juga bisa bertahan sampai 2030 ...

    View Article
  • Eka Praja W

    makin parah aja nih ... mudah2n bisa berbenah negeri ku yg q banggakan ...

    View Article
  • Rizal Faizal

    asyik aja dehh... ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video