Fitur Umum yang ada di Komunitas Senibudaya.org
Komunitas Senibudaya

By calon guru 08 Sep 2018, 03:06:21 WIB Seni & Budaya
Fitur Umum yang ada di Komunitas Senibudaya.org

Keterangan Gambar : Komunitas Senibudaya


Berikut Fitur Umum yang ada di Komunitas

Registrasi User

Untuk melakukan proses belanja, User harus terlebih dahulu meregistrasikan diri. Setiap Komunitas mempunyai kebijakan yang berbeda, namun intinya adalah meminta biodata yang valid. Dari semua data yang paling penting adalah data email dan nomor HP. Komunitas salahsatunya mengharuskan user menggunakan nomor HP yang valid karena kode verifikasi akan di kirim ke email.

Registrasi

User bisa bertindak sebagai penjual ataupun pembeli. Masih masing Komunitas juga mempunyai kebijakan yang berbeda, ada yang hanya memperbolehkan satu user satu toko atau satu user banyak toko. Itu semua tergantung kebijakan marketplace.

Listing Produk

Listing produk di Komunitas di kelompokkan berdasarkan kategorinya. Namun kadang, Komunitas juga menampilkan produk berdasarkan diskon, produk terlaris, produk dengan rating tertinggi dan new comer. Listing produk di Marketplace umumnya menampilkan gambar produk dalam format Grid. Sebagian marketplace menambahkan Galleri gambar untuk sebuah produk. Sebagai contoh, toko HP bisa mengupload beberapa gambar HP nya agar calon pembeli bisa melihat produk itu dari berbagai sisi.

Integrasi Jejaring sosial

Social media adalah media yang sangat ampuh untuk menarik pembeli, maka tidak heran kalau Marketplace berusaha menambahkan fitur sosial kedalamnya. Integrasinya pun bermacam macam, ada yang hanya menyediakan share produk ke jejaring sosial sampai terintegrasi login kedalam Komunitas. Anggota JKomunitas yang serius umumnya mengintegrasikan login karena kebiasaan para user di internet untuk melihat timeline di Jejaringnya. Nilai plus integrasi login adalah user tidak perlu susah payah memasukan username password saat login.

Pencarian

Fitur pencarian adalah hal wajib yang harus ada. Komunitas biasanya menempatkan pencarian di bagian paling atas halaman.  Hasil pencarian nantinya bisa di urutkan berdasarkan harga.

Testimoni dan Rating produk

Testimoni menggambarkan kepuasan pelanggan terhadap produk yang dibelinya. Testimoni biasaya berupa pujian kepada toko atau produk. Rating produk sendiri lebih fokus pada tanda bintang di sebuah toko atau produk. Makin tinggi ratingnya, makin bagus produk tersebut.

Live Support

Komunitas melayani pihak penjual dan pembeli, maka Live support menjadi bagian tidak terpisahkan dari marketplace. Tidak semua Marketplace punya live support. Sebagian hanya menawarkan bantuan lewat Forum atau email. Marketplace yang bagus tentunya menawarkan live support sehingga masalah konflik antara penjual pembeli atau masalah yang dihadapi oleh toko ataupun pembeli bisa cepat ditangani. Live support juga menunjukan keseriusan pihak marketplace dalam mengelola “mall” nya

Halaman Dashboard

Halaman dashboard adalah halaman yang dimiliki oleh penjual atau pembeli setelah login. Biasanya halaman dashboard untuk penjual berisi menu untuk menambah produk atau melihat catatan transaksi harian. Sebagian Komunitas justru mengintegrasikan dengan sistem pelaporan dalam berbagai format yang bisa didownload dan mengintegrasikan dengan SMS/Email sehingga setiap kali transaksi penjual langsung dikirim notifikasi.Halaman dasboard untuk user biasanya berisi daftar barang yang telah dibeli, daftar barang yang belum dikirim dan layanan untuk komplain dan refund barang. Semakin lengkap fitur dashboard, semakin bagus marketplace tersebut

Website mobile /Mobile App

Mengingat saat ini, pengguna internet tidak terbatas pada komputer desktop, maka tidak heran Komunitas juga mengoptimasi pasarnya untuk pengguna smartphone. Ada dua pendekatan dalam hal ini. Ada yang hanya menggunakan mobile web dan ada yang menyediakan aplikasi Native untuk smartphone. Biasanya website yang menyediakan aplikasi Native menawarkan fitur tambahan berupa push notifikasi.

Teknologi Komunitas

Teknologi disini hanya melisting teknologi yang spesifik dan meningkatkan keamanan dan kenyamaan Komunitas.

mengingat Website Komunitas berisi banyak gambar produk,maka kebanyakan Komunitas memanfaatkan CSS framework seperti  Twitter Bootstrap yang menawarkan grid layout yang akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan device pengaksesnya. Kadang, beberapa layout menawarkan kemudahan dalam mengubah tampilan dari format ListView, GridView atau slider. Marketplace menyadari bahwa kecantikan tampilan kemudahakan navigasi produk sangat penting demi kenyamaan user.

  • Komunitas Seni Budaya

HTTPS dan sertifikat keamanan.

Untuk alasan transaksi kemanana, Komunitas  yang bagus akan menggunakan standar keamanan HTTPS. Jika anda mendapatan gambar kunci di alamat URLnya seperti gambar dibawah ini, maka transaksi anda dijamin aman. Carilah marketplace yang menggunakan HTTPS untuk keamanan transaksi anda.

Jika website menggunakan HTTPS namun kok warna gemboknya  merah atau kuning, itu artinya website tersebut tidak benar benar aman, ada kemungkinan sertifikat HTTPS di tandai sendiri, tidak di verifikasi oleh pihak ketiga, atau kadang tingkat enkripsinya rendah.

Teknologi pembayaran

Komunitas SENI BUDAYA

Penerapan teknologi pembayaran dari Komunitas adalah hal yang wajib ada. Sebuah marketplace bisa dilihat bagus tidaknya dari kemudahan membayar perbelanjaan. Marketplace yang bagus biasanya menawarkan fleksibilitas dalam pembayaran dari Cash on delivery, Transfer ATM, Internet Banking sampai kepembayaran dengan Paypal. Semakin banyak opsi yang ditawarkan, semakin bagus marketplace tersebut.

BERGABUNG KOMUNITAS


The Art of Marketing




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


Online Support (Chat)

Masri


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Pilihan Calon Presiden RI
  Prabowo
  Jokowi

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video