Kabar gembira bagi Guru Sertifikasi 2018
Pencairan Uang Sertifikasi 2018

By Masri 19 Mei 2018, 03:54:28 WIB Gaji
Kabar gembira bagi Guru Sertifikasi 2018

Keterangan Gambar : Pencairan Sertifikasi Guru


Kabar gembira bagi guru sertifikasi 2018, pasalnya Dinas Pendidikan telah menyerahkan Surat Perintah Pembayaran (SPM) ke BPKAD.

Kasi Pendidikan dan Tenaga (PTK) Kependidikan Disdik Sumbar mengatakan, pihaknya telah menyerahkan SPM ke BPKAD Provinsi untuk pembayaran tunjangan sertifikasi guru SMA dan SMK. 

“Jumlah total guru SMA dan SMK yang sudah tersertifikasi sebanyak 6.680 guru. Namun yang memenuhi syarat untuk pencairan sebanyak 5.994 guru. bulan ini uang tunjangan sertifikasi tersebut diperkirakan sudah masuk ke rekening guru masing-masing,” 

Dijelaskannya, untuk dana sertifikasi yang ditransfer pusat malai triwulan pertama hingga triwulan empat pada tahun 2018 sebesar Rp 273 miliar lebih. Namun yang terserap hanya sebesar Rp 266 miliar saja. Sehingga sisanya harus diserahkan kembali ke Negara.

“Penyebabnya ada guru yang tidak memenuhi syarat untuk menerima tunjangan sertifikasi lagi. Sehingga tidak bisa dikeluarkan dana tunjangan sertifikasi guru yang bersangkutan tersebut,” paparnya.

Dia menambahkan, total guru yang tidak dibayarkan dana tunjangan sertifikasinya sebanyak 686 orang guru, disebabkan tidak memenuhi syarat seperti jam mengajar tidak mencapai 24 jam dan guru yang bersangkutan mengajar mata pelajaran tidak linier dengan keilmuannya.

“Kalau tidak memenuhi jam mengajar, guru diperbolehkan mengajar di sekolah lain sebagai solusi yang bisa mereka pakai. Sedangkan bagi guru yang tidak linier mengajarnya juga harus mengajar di sekolah yang sesuai dengan keilmuannya,” ujarnya

Menurutnya, ada beberapa guru yang belum bisa dibayarkan karena menyangkut kehadiran. Pihak dinas kata Muskir, akan melakukan kros cek ke sekolah untuk mengetahui kehadiran guru.

“Kalau bermasalah nanti kita tunda dulu pembayaran. Kalau tetap juga, nanti tidak dicairkan. Sekarang masih menunggu laporan kepala sekolah,” tegasnya.

Jumlah guru penerima sertifikasi di seluma sebanyak 1170 orang dengan total anggaran Rp13 Miliar. Namun, dari 1170 guru ini, masih ada yang belum memenuni syarat untuk menerima sertifikasi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment