Membuat Presentasi menggunakan Prezi
Cara Membuat Presentasi menggunakan Prezi

By Masri 30 Okt 2017, 02:55:48 WIB Tutorial
Membuat Presentasi menggunakan Prezi

Keterangan Gambar : Presentasi dengan Prezi


Media untuk membuat presentasi yang menarik selain PowerPoint adalah menggunakan Prezi. Aplikasi presentasi ini bisa Kita gunakan untuk membuat presentasi online maupun offline yang sangat menarik, hingga akan muncul ide yang lebih unik untuk kita sampaikan.

Keunggulan menggunakan Presentasi Prezi diantaranya:

  1. Membuat presentasi dapat secara online dan offline.
  2. Memungkinkan untuk membuat presentasi dengan satu kanvas.
  3. Menggunakan sistem garis edar atau disebut “Path” yang digunakan untuk mengatur perpindahan antara satu objek ke objek lainnya di dalam kanvas. Perpindahan tidak hanya terjadi secara linier, tapi juga bisa memunculkan efek zooming.
  4. Memberikan fasilitas untuk memasukkan gambar, video, beberapa shape dan ilustrasi seperti diagram.
  5. Memberikan template menarik, fasilitas import untuk converter konten di Powerpoint menjadi konten didalam Prezi.
  6. Memungkinkan untuk dapat diedit kapan pun dan dimana pun
  7. Fleksibel waktu dan tempat

Selanjutnya akan ditunjukkan langkah-langkah sederhana menggunakan aplikasi Prezi dan beberapa tips, yang akan membantu Kita lebih mudah bekerja dengan presentasi Prezi.

 

MENDAFTAR DI PREZI

 

Kita masuk ke  www.prezi.com

Klik ‘Sign up’

 

 

 

 

 

 

Prezi memiliki beberapa tipe akun yang masing-masing memiliki harga dan fitur yang berbeda :

 

 

 

Public  (gratis, presentasi tidak dapat dibatasi aksesnya, memiliki fungsi standard, dan memiliki kapasitas 100MB)

 

Enjoy  (membayar 59 Dolar per tahun, presentasi dapat dibatasi aksesnya, dapat menghilangkan logo Prezi pada  slide, mendapatkan bantuan yang cepat, dan kapasitas 500MB)

 

Pro  (membayar 159 Dolar per tahun, dapat menggunakan fitur Prezi secara offline, presentasi dapat dibatasi aksesnya, dapat menghilangkan logo Prezi pada slide, mendapatkan bantuan yang cepat, dan kapasitas

2GB)

 

 

 

Berikut ini Kita memilih akun Public.

 

 

Setelah itu Kita diminta mengisi informasi Kita seperti nama, email

 

Jika Kita telah berhasil mendaftar atau masuk ke akun Prezi

 

 

MEMULAI PREZI

 

A. Mengarahkan kanvas

 

1.  Zooming around (memperbesar sekitar): Ini adalah Fitur utama Prezi. Kita dapat memperbesar dan keluar dengan menggunakan roda penggulung mouse atau dengan mengklik + dan - simbol pada sisi kanan layar Kita.

 

 

2.  Panning (pergeseran): Untuk memindahkan kanvas Prezi ke kiri, ke kanan, ke atas, atau ke bawah, tahan tombol kiri mouse dan kemudian bergerak ke arah yang Kita inginkan.

 

 

 

B. Mengenali Transformation Tool

 

 

Transformation Tool merupakan teman terbaik Kita. Setelah menambahkan sesuatu ke kanvas, klik untuk membuka Transformation Tool. Kemudian kita dapat memindahkan, ukuran, dan memutar konten sesuka kita. Kalau mau menambahkan bingkai ke Prezi, dapat mengklik sekali untuk membuka Transformation Tool dan bergerak, skala, atau memutar segala sesuatu di dalam.

 

 

 

C. Memulai dari Template

 

 

Ketika  membuat  Prezi,  Kita  dapat  memilih  dari  sejumlah  template untuk digunakan atau kanvas kosong. Ketika memutuskan untuk menggunakan template, Kita dapat mengedit semua yang terlihat pada kanvas sama seperti jika Kita sedang menciptakan Prezi dengan kanvas kosong, termasuk copy dan paste atau aplikasi lainnya.

 

 

 

 

D. Menyesuaikan warna dan font: Theme Wizard

 

Gunakan Theme Wizard untuk menyesuaikan warna Prezi Kita dan untuk menetapkan pilihan font dari font library Prezi ini

 

 

E.  Melabuhkan diri di kanvas: Home Button

 

Untuk mengambil langkah mundur dan mendapatkan gambaran dari segala sesuatu yang telah Kita tambahkan (baik di Edit dan Present mode ),   Kita dapat menggunakan Home Button di sisi kanan layar (Kita dapat menemukan tombolnya tepat di atas zoom + dan -). Mengklik Home Button sebelum mulai membuat Prezi juga akan memastikan bahwa Kita mulai dari tempat yang tepat.

 

F.  Membingkai konten

 

Bingkai adalah bagian penting dari Prezi dan cara yang bagus untuk mengelola konten Kita. Bingkai bekerja seperti slide dan dapat digunakan untuk mengelompokkan ide-ide Kita. Gunakan frame untuk membuat sebuah placeholder dalam Prezi Kita dan kemudian menambahkan kontennya. Frame tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan Kita dapat mengubah warnanya serta ukuran dan posisi mereka.

Pilih 'Frames & Arrows' dari menu di atas. Kemudian Kita pilih apakah ingin lingkaran, persegi panjang, braket, atau frame terlihat. Gunakan frame untuk menambahkan animasi. 

 

G. Menyisipkan diagram

 

Prezi telah menciptakan gambar tata letak, diagram, dan grafik 

 

Kita dapat dengan cepat menambahkan konten ke diagram Kita, dan menduplikasi mereka (menggunakan menu klik kanan atau shortcut keyboard)  untuk  mulai  mengisi  Prezi  Kita  dengan  konten  yang inspiratif

 

 

 

H. Menambahkan Symbols and shapes

 

Klik 'Insert' dan kemudian pilih 'Symbols and shapes' ikon di bagian atas layar untuk menambahkan bentuk, garis, panah, dan lainnya ke Prezi Kita. Masukkan persegi panjang, lingkaran, dan segitiga untuk membingkai konten Kita. Atau, tambahkan simbol dari library atau tujuan gambar yang dirancang untuk lebih meningkatkan Prezi Kita.

 

  

I.    Menavigasi dan mengatur ulang dengan Path Sidebar

 

Ketika  menyajikan  ide-ide  Kita,  dengan  Sidebar  kiri,  Kita  dapat membuat perjalanan dari satu ide ke ide yang berikutnya.

 

Untuk mengatur path Kita, klik ikon pensil di sisi kiri layar. Kemudian klik pada objek dalam Prezi kanvas   dalam urutan yang Kita ingintampilkan

 

 

 

BERKOLABORASI DAN BERBAGI

 

A. Mendownload Portable Prezi

 

 

Portable Prezi  adalah versi download dari Prezi, yang dapat Kita lihat secara  offline  tanpa  akun  Prezi  atau  Prezi  Desktop.  Kita  dapat mengirim kepada siapa pun apakah mereka memiliki akun Prezi atau tidak dan mereka akan dapat melihat hasil Prezi yang telah Kita buat.

 

 

Kita dapat menggunakannya untuk hadir dalam situasi di mana Kita tidak  memiliki  akses  ke  Internet,  atau  untuk  mengirim  ke penyelenggara kegiatan sebelum Kita hadir. Portable Prezi tidak dapat diedit. Jika Kita perlu membuat perubahan, Kita dapat mengeditnya melalui Prezi Kita pada Prezi.com atau dengan Prezi Desktop, dan download lagi.

 

Cara mendownload Portable Prezi

 

 

•    Masuk ke Prezi.com

 

 

•    Klik pada Prezi Kita

 

 

•    Pilih 'Download' dari pilihan di sepanjang bagian bawah layar

 

 

•    Pilih tab Presenting dan kemudian klik 'Download'

 

•    Kemudian,  tergantung  pada  kecepatan  komputer  dan  koneksi

 

Internet, Kita akan harus menunggu beberapa saat.

 

 

•  Kita kemudian akan mendapatkan pesan yang mengkonfirmasikan bahwa Prezi Kita telah ter-download ke komputer Kita.

•  Portable Prezi akan disimpan dalam file zip ke hard drive Kita. 

 

 

•  Unzip , dan mulai Prezi.exe (PC) untuk memuat Prezi portabel Kita.

 

 

• Demikian pula, Kita dapat melampirkan file zip ke email dan mengirimkannya ke mana pun Kita inginkan.

Buka Prezi Kita yang ingin disimpan sebagai Portable Prezi

 

• Pastikan untuk tidak menghapus file dari folder zip karena ini kemungkinan besar akan mengakibatkan Portable Prezi tidak bekerja dengan benar.

 

 

 

 

Atau, Kita dapat men-download versi Portable Prezi Kita langsung dari dalam editor

 

•    Klik pada tombol 'Share' dari menu atas

 

 

•    Pilih 'download as portable Prezi '

 

 

•    Ikuti langkah-langkah

 

 

Menggunakan Prezi Desktop

 

 

 

•    Klik 'File' dan kemudian 'Export as a Portable Prezi’.

 

 

•    Berikan  berkas  Portable  Prezi  Kita  nama  dan  memilih  lokasi dimana Kita ingin menyimpannya.

 

•    Sama seperti dengan men-download dari Prezi.com, Kita sekarang akan   memiliki   file   zip   yang   dapat   Kita   unzip   dan   mulai menggunakan Prezi.exe (PC) untuk memuat  Portable Prezi Kita atau mengirim yang Kita inginkan.

 

 

 

 

B. Mengubah Pengaturan Privasi

 

 

Jika Kita memiliki akun Publik, prezi Kita akan selalu tersedia bagi orang  lain,  mereka  dapat  melihat  secara  online.  Kita  juga  dapat memilih untuk membuat Prezi yang  tersedia untuk orang lain agar dapat   digunakan   kembali.  

 

Jika Kita memiliki akun Enjoy, Edu Enjoy, Pro, atau Edu Pro, Kita dapat  memilih  untuk  membuat  konten  publik,  dapat  digunakan

 

 

kembali,  tersembunyi,  atau  privat.  Untuk  mengubah  pengaturan privasi  Prezi  Kita,  mengaksesnya  dari  library  Prezi  Kita,  gulir  ke bawah Prezi, klik tombol' Share 'di bawah Prezi atau tombol privacy di sudut kanan bawah. Kemudian memindahkan slider privasi untuk memilih opsi yang diinginkan.

 

 

 

 

C.   Memutar Otomatis (Autoplay)

 

Ketika menyajikan Prezi, Kita dapat mengaturnya untuk memutar secara otomatis dengan fitur Autoplay Prezi. Kita dapat mengontrol kecepatan bermain dengan menetapkan interval waktu diantara langkah  path.  Fitur  Autoplay  secara  otomatis  akan  menempatkan Prezi Kita pada loop sehingga audiens dapat menikmati secara keseluruhan. Untuk memulai autoplaying Prezi Kita dalam Present mode atau sebagai Portable Prezi, klik pada ikon jam di sudut kanan bawah layar dan pilih interval waktu yang Kita inginkan.

 

MENGIMPOR SLIDE DARI POWERPOINT

 

Mengimpor slide PowerPoint   ke Prezi Kita, satu per satu atau semua sekaligus, hanya dengan menggunakan beberapa klik.

 

A.   Menyisipkan Slide ke Prezi

 

Pilih 'PowerPoint' dari menu ‘Insert’

 

 

Klik Pilih File dan pilih file PPT atau PPTX yang ingin Kita impor

 

Tunggu sampai proses impor slide selesai

 

Setelah  beberapa  saat  akan  muncul  semua  slide  yang  telah  Kita impor

 

B.   Menambahkan Slide ke Prezi

 


Setelah semua slide selesai diimpor, Kita dapat klik ‘drag dan drop’ slide individu ke Prezi kanvas atau Kita juga dapat menambahkan semua slide secara bersamaan Ketika semua slide akan ditambahkan, Kita juga dapat memilih untuk menambahkan jalur  

 

 

 

MENDOWNLOAD, MENYIMPAN DAN MENCETAK PREZI DALAM FILE PDF

 

Mendownload Prezi ke dalam file PDF

 

 

Dari Edit Mode, pilih 'Share' dari menu atas. Kemudian pilih 'Download as PDF

 

Ini akan memakan waktu beberapa detik. Ketika proses download selesai, 

 

 

 

Setelah memilih 'Save PDF ' Kita akan diminta untuk memberikan Prezi

 

Kita nama dan memilih lokasi untuk menyimpannya.

 

 

 

 

Setelah ini, Prezi Kita akan disimpan sebagai dokumen PDF dan Kita dapat mengirim file PDF atau mencetaknya.

 

 

 

PREZI DESKTOP

 

 

 

A. Cara Mendownload dan menginstal Prezi Desktop

 

 

 

Prezi Desktop adalah aplikasi Prezi penuh fitur yang dapat diinstal pada komputer Windows atau Mac. Ini berisi semua elemen besar dari editor online Prezi dengan beberapa fitur istimewa.

 

Dengan  Prezi  Desktop  Kita  dapat  membuat,  mengedit,  dan  prezis hadir dimanapun Kita berada, bahkan jika tidak ada koneksi internet yang tersedia.

 

Setelah mendownload dan menginstal Prezi Desktop dan kemudian login menggunakan akun Prezi Kita, Kita dapat bekerja pada prezi Kita offline. Kita hanya perlu online jika Kita ingin mengupload atau download prezi, atau jika Kita ingin masuk ke akun Prezi lain.

 

Prezi  yang  dibuat  dengan  Prezi  Desktop  menggunakan  format  file PEZ. Hal ini memungkinkan Kita untuk menyimpan dan mengelola file Prezi Kita pada hard drive komputer Kita atau pada sistem file jaringan Kita. Kita dapat membuat nama seperti yang Kita inginkan dan menyimpannya dalam folder yang sesuai .

 

Jika Kita seorang pengguna akun Public atau Enjoy, Kita dapat menginstalnya  secara  gratis  dengan  menggunakannya  untuk percobaan selama 30 hari. Jika Kita seorang pengguna akun Pro, Kita dapat mendownload dan menggunakan Prezi Desktop setiap saat.

 

 

Cara Mendownload dan menginstal Prezi Desktop

 

 

Masuk ke Prezi.com

 

 

Klik pada Prezi Kita

 

Klik ‘Download’

*

•    Kita   akan   harus   menunggu   beberapa   saat   sampai   proses mendownload selesai, tergantung pada kecepatan komputer dan koneksi Internet. Kemudian Kita dapat menginstal Prezi Desktop ke

komputer Kita. 

 

 

Klik  proses  selanjutnya,  tunggu  beberapa  saat  sampai  selesai terinstal di komputer Kita dan Prezi Desktop siap untuk digunakan

 

 

B.   Menyimpan file dan menggunakan Prezi Desktop

 

 

  

Sama seperti dengan Prezi online, Prezi Desktop secara otomatis menyimpan pekerjaan Kita. Namun, Kita harus memberikan Prezi Kita nama sebelum fitur autosave Prezi Desktop mulai bekerja.

 

Ada  beberapa  alasan  mengapa  Kita  dapat  menggunakan  Prezi

 

Desktop bersamaan atau dengan editor Prezi secara online:

 

 

-  Prezi Desktop memungkinkan Kita menampilkan Prezi ketika Kita tidak memiliki akses ke koneksi internet.

 

-  Kita dapat membuka Prezi Kita dan mengeditnya setiap saat, di mana  pun  Kita  berada  dan  kemudian  dapat  menguploadnya dengan Prezi secara online.

 

-  Kita akan merasa lebih baik jika Kita dapat menyimpan Prezi yang telah Kita buat di komputer Kita sendiri.

 

 

 

C.   Perbedaan antara Prezi Desktop (file PEZ) dengan Portable Prezi

 

 

 

Prezi Desktop

 

Prezi Desktop menggunakan format PEZ saat membuat dan menyimpan  file. File-file akan  terbuka dan  berjalan hanya  dengan Prezi Desktop. Jika Kita tidak memiliki Prezi Desktop yang diinstal pada komputer, Kita tidak akan bisa membuka file PEZ. Namun jika Kita telah menginstal Prezi Desktop, Kita dapat membuka, mengedit dan kemudian menyimpan Prezi Kita sebagai file PEZ sebanyak yang Kita suka. Jika Kita telah membuat Prezi menggunakan editor online, Kita dapat mengubahnya ke file PEZ dari library Prezi Kita menggunakan 'Download' tombol. Hal ini memungkinkan Kita untuk mengedit  Prezi  Kita  menggunakan  Prezi  Desktop  .  File  PEZ  juga dapat diupload ke prezi.com untuk mengedit dengan editor online.

 

 

 

 

 

Portable Prezi

 

Portable Prezi adalah versi dari Prezi yang telah Kita buat. Kita tidak memerlukan software khusus untuk dapat melihatnya, tetapi Kita juga tidak dapat mengeditnya karena itu adalah versi selesai/terakhir dari Prezi yang Kita telah buat sebelumnya. Portable Prezi adalah cara yang bagus untuk membuat versi offline Prezi Kita jika Kita tiba-tiba kehilangan koneksi ke Internet. Sama seperti dengan file PEZ, Kita juga dapat mengkonversi Prezi yang telah Kita buat secara online menjadi Portable Prezi dari library Prezi Kita, dengan menggunakan

'Download' tombol

 

Download Contoh Presentasi Seni Budaya 2 Dimensi Menggunakan Prezi

 

Sumber : www.masri.id



Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


Online Support (Chat)

Masri


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Tidak Ada Poling saat ini?
  Buat Poling
  Ok Deh

Komentar Terakhir

  • Lukmanul Hakim

    saya yakin PHP juga bisa bertahan sampai 2030 ...

    View Article
  • Eka Praja W

    makin parah aja nih ... mudah2n bisa berbenah negeri ku yg q banggakan ...

    View Article
  • Rizal Faizal

    asyik aja dehh... ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video