Pengumuman Formasi CPNS Provinsi Sumatera Barat (Padang)
Pengumuman Formasi CPNS Padang

By Masri 14 Sep 2018, 06:51:07 WIB CPNS
Pengumuman Formasi CPNS Provinsi Sumatera Barat (Padang)

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat berpenduduk sebanyak 4.846.909 jiwa dengan mayoritas beretnis Minangkabau yang seluruhnya beragama Islam. Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Nama Provinsi Sumatera Barat bermula pada zaman Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), dimana sebutan wilayah untuk kawasan pesisir barat Sumatera adalah Hoofdcomptoir van Sumatra’s westkust. Kemudian dengan semakin menguatnya pengaruh politik dan ekonomi VOC, sampai abad ke 18 wilayah administratif ini telah mencangkup kawasan pantai barat Sumatera mulai dari Barus sampai Inderapura.

Pada awal kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, wilayah Sumatera Barat tergabung dalam provinsi Sumatera yang berpusat di Bukittinggi. Empat tahun kemudian, Provinsi Sumatera dipecah menjadi tiga provinsi, yakni Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan. Sumatera Barat beserta Riau dan Jambi merupakan bagian dari keresidenan di dalam Provinsi Sumatera Tengah. Pada masa PRRI, berdasarkan Undang-undang darurat nomor 19 tahun 1957, Provinsi Sumatera Tengah dipecah lagi menjadi tiga provinsi yakni Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, dan Provinsi Jambi. Wilayah Kerinci yang sebelumnya tergabung dalam Kabupaten Pesisir Selatan Kerinci, digabungkan ke dalam Provinsi Jambi sebagai kabupaten tersendiri. Begitu pula wilayah Kampar, Rokan Hulu, dan Kuantan Singingi ditetapkan masuk ke dalam wilayah Provinsi Riau.

Selanjutnya ibu kota provinsi Sumatera Barat yang baru ini masih tetap di Bukittinggi. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat No. 1/g/PD/1958, tanggal 29 Mei 1958 ibu kota provinsi dipindahkan ke Padang.

Propinsi Sumatera Barat, tempat bermukimnya masyarakat Minangkabau dan tidak berlebihan disebut sebagai surga yang terakhir. Propinsi ini dikaruniai dengan budaya dan keindahan alamnya yang sulit dicarikan tandingannya. Tidak mengherankan kalau Sumatera Barat telah lama dikenal sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan.

Perjalanan ke Bukittinggi, suatu daerah yang beriklim sejuk dilingkungi oleh gunung-gunung dengan nagari-nagari tradisional serta tatanan kehidupan yang masih bertahan selama berabad-abad, atau berkunjung ke Padang menelusuri ibu kota propinsi dengan masakan Padang yang terkenal sampai ke Mancanegara, dan perjalanan ke daerah-daerah cagar alam yang semuanya tidak akan pernah begitu saja dilupakan wisatawan atau siapun yang pernah mengunjunginya.

  • Berikut ini Pengumuman Alokasi Formasi CPNS 2014 Provinsi Sumatera Barat (SUMBAR) :

 – Keterangan :

=> Mendapatkan alokasi formasi CPNS

=> Tidak mendapatkan alokasi formasi CPNS
PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT
PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT

PEMERINTAH KAB. AGAM

PEMERINTAH KAB. PASAMAN

PEMERINTAH KAB. LIMAPULUH KOTA

PEMERINTAH KAB. SOLOK

PEMERINTAH KAB. PADANG PARIAMAN

PEMERINTAH KAB. PESISIR SELATAN

PEMERINTAH KAB. TANAH DATAR

PEMERINTAH KAB. SIJUNJUNG

PEMERINTAH KAB. KEP. MENTAWAI

PEMERINTAH KAB. SOLOK SELATAN

PEMERINTAH KAB. DHARMASRAYA

PEMERINTAH KAB. PASAMAN BARAT

PEMERINTAH KOTA BUKITTINGGI

PEMERINTAH KOTA PADANG PANJANG

PEMERINTAH KOTA SAWAHLUNTO

PEMERINTAH KOTA SOLOK

PEMERINTAH KOTA PADANG

PEMERINTAH KOTA PAYAKUMBUH

PEMERINTAH KOTA PARIAMAN

Pemerintah kota (Pemkot) Padang provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mengajukan formasi penerimaan CPNS 2014 cukup banyak. Kepala BKD Kota Padang, Asnel kepada Padang Ekspres (27/4), mengatakan telah meng­usulkan 3.933 orang formasi CPNS Padang 2014 sesuai kuo­ta kebutuhan CPNS Pemkot Padang.

“Jumlah tersebut memang besar, karena memang kebutuhan CPNS di Padang juga besar,” katanya.

Pengajuan jumlah itu ber­dasarkan kekurangan pegawai di lingkungan Pemko Padang, terutama untuk formasi CPNS guru SD dan tenaga teknis di kelurahan. Pe­ne­rimaan CPNS tahun 2014 di Kota Padang diha­rap dapat menutupi keku­rangan PNS di Pemko Padang.

Pendaftaran CPNS 2014 akan dilakukan secara serentak termasuk pendaftaran CPNS 2014 kota Padang ini sesuai instruksi pusat yang kabarnya segera dibuka. Pelaksanaan tes CPNS 2014 direncankan dilakukan usai pemilihan presiden 2014.

Metode ujian CPNS 2014 di Padang, untuk menghindari kecu­rangan pada seleksi penerimaan CPNS, Pemkot tidak lagi meng­gunakan lembar jawaban kom­puter (LJK), tapi akan menggu­nakan sistem computer assisted test (CAT).

Dengan penggunaan sistem tes CAT CPNS di Padang, proses seleksi CPNS lebih transparan karena para peserta langsung bisa mengetahui nilai yang didapatkannya usai tes berlangsung.

“Jadi, kecil ke­mung­kinan terjadi kecurangan karena semuanya transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi,” ucap Asnel.

Karena sistem CAT baru diterapkan pada tes penerimaan CPNS di Padang maka masyarakat dianjurkan sudah mempelajari dan memahami sistem ini sebelum tes berlangsung.

Semoga Pengumuman Formasi CPNS Provinsi Sumatera Barat (Padang) bisa membantu anda yang ingin mengikuti rekruitmen CPNS 2014 khususnya bagi pelamar CPNS yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Padang dan Daerah sekitarnya. Selanjutnya, Bagi calon pelamar CPNS 2014 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2014 nanti. Penerimaan CPNS 2014 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dengan menggunakan sistem CAT

Baca Juga Lokasi Tes CPNS Khusus Atlet dan Honorer K2




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapa Pilihan Calon Presiden RI
  Prabowo
  Jokowi

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video