Pilih menulis di Blog atau Buku
Kelebihan dan Kekurangan menulis di Blog atau Buku

By Masri 15 Nov 2018, 03:10:25 WIB Tokoh
Pilih menulis di Blog atau Buku

Berikut Keuntungan dan Kerugian menulis di Blog atau Buku

Menulis di blog

Kelebihan:

  1. Mudah, mau menerbitkan artikel kapan saja dan dimana saja, tak pakai editor segala.
  2. Cepat terakses oleh pembaca. Apalagi jika sedikit-sedikit mengerti tentang SEO, artikel anda tidak hanya terbaca via media sosial tapi juga bisa dicari di google dan mesin pencari lainnya.
  3. Tanpa modal. Keluar modal baru kalau tidak mau versi gratisan kayak blogspot dan wordpress. Oh ya, modal lagi kuota internet waktu upload tulisan.
  4. Feedback langsung dari pembaca. Apresiasi, saran, kritik di kolom komentar membuat anda lebih mudah mengevaluasi karakteristik tulisan apa yang disukai pembaca.

Kekurangan:

  1. Persaingan tinggi. Saat anda klik terbitkan pada artikel anda di blog, pada saat yang sama ratusan bahkan ribuan orang juga melakukan hal sama.
  2. Tidak bisa dijadikan rujukan ilmiah. Dulu saya pernah coba-coba memasang tulisan hasil browsing dari google di makalah, hasilnya coretan rapi mendarat di makalah saya dan suruh mengganti dengan rujukan dari buku.
  3. Rentan copy paste. Kalau tulisan anda bagus, bukan tidak mungkin dicopy begitu saja oleh orang lain untuk diupload ulang di blog mereka atau bisa juga ditambahkan di buku dan diakui sebagai tulisan mereka sendiri.

Menulis Buku

Kelebihan:

  1. Personal branding lebih kuat. Selama ini yang dikenal sebagai penulis itu ya orang sudah menulis buku, bukan hanya di media massa atau bahkan cuma blogger,
  2. Bisa dijadikan referensi. Kalau anda beruntung, buku anda bisa tampil di footnote buku/karya ilmiah milik orang lain, karena bagian tulisan anda dicuplik untuk menguatkan isi tulisannnya.  
  3. Konten Abadi. Inilah alasan kenapa buku lebih terpercaya, soalnya tidak bisa direvisi. Untuk merevisi, harus pada cetakan selanjutnya. Beda kan dengan blog yang bisa kapan saja diedit kalau ada kesalahan.
  4. Menaikkan status akademik. Guru dan dosen sudah sangat paham tentang hubungan menulis buku dengan jenjang karir.

Kekurangan:

  1. Memakan waktu lama. Semakin anda ingin membuat buku kualitas terbaik, waktu yang diperlukan semakin lama. 
  2. Perlu modal, setidaknya untuk riset kecil-kecilan yang mendukung isi buku. Atau membeli buku yang ingin dijadikan referensi.
  3. Butuh promosi yang sangat gencar. Kalau tidak, sangat mungkin tenggelam di antara banyaknya buku yang sudah terbit.


Bagi seorang punya buku minimal satu hasil karya saya sendiri adalah sebuah nadzar. Namun buku itu jangan asal asalan, pilihlah buku yang terbaik. Nah untuk mencapai itu saya ingin membangun konsistensi menulis merupakan salah satunya dengan menulis di blog.

Demikianlah Untung Rugi Menulis do Blog atau Buku, semoga bermanfaat dan jadi inspirasi buat semua, amiiin.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment